Modifikasi Ringan Motor Roda Dua

Sekarang kemampuan untuk mengubah, menyetel atau mengeset motor bukan merupakan milik orang-orang di bengkel. Anda pun bisa mengulik motor standar Anda agar bisa jauh lebih kencang lajunya. Yang Anda perlukan hanyalah pemahaman-pemahaman dasar mengenai logika prinsip kerja mesin motor Anda, dan selanjutnya Anda bisa berkreasi secara mandiri. Simak tips berikut ini:

1. Piston.

piston jenongUntuk memodifikasi motor Anda agar menjadi lebih cepat lajunya, Anda harus mengurangi berat piston sehingga tenaga motor meningkat karena tenaga yang hilang untuk melawan berat piston. Untuk mengurangi berat piston, Anda bisa memotong bagian bawah dari piston, besarnya bagian yang dipotong tersebut sudah tertentu (pasti) dan tiap sepeda motor tidak sama.

2. Kepala Silinder.

kepala-silinderDalam proses modifikasi motor Anda, kompresi ruang bahan bakar sangat menentukan tenaga yang dihasilkan. Prinsipnya, semakin tinggi kompresi bahan bakar semakin besar tenaga yang dihasilkan. Untuk mempertinggi kompresi ruang bakar dapat dilakukan dengan mengurangi volume ruang bakar. Pada sepeda motor umumnya, hal ini dilakukan dengan menggerinda kepala silinder sehingga ruang bakar berkurang dan kompresinya meningkat.

3. Lubang Pembilasan.

lubang-pembilasan lubang-pembilsan

Jumlah gas baru campuran  bensin dan udara yang dimasukkan ke ruang bakar sangat menentukan ternaga motor yang dihasilkan. Semakin banyak gas yang dimasukkan berarti kepadatan gas semakin tinggi sehingga tekanan kompresi naik dan pembakaran lebih baik. Untuk mencapai hal itu, lubang pembilasan (pemasukkan) diperluas agar jumlah gas baru yang masuk lebih  banyak. Perluasan lubang bilas tersebut harus tetap pada batas-batas tertentu dan disertai pula modifikasi di bagian lain. Jika hal itu tidak dilakukan maka motor bukannya bertambah tenaganya, tapi justru menjadi rusak.

4. Sistem Kelistrikan. Modifikasi Pada Busi diganti dengan Busi Racing guna mendapatkan pengapian yang lebih besar.. dan CDI RACING  Contoh Bermerk BRT telah kondang di ajang pembuat CDI ( capasitor discharge  ignition ) motor aftermarket di sepeda motor karburator, namun seiring perkembangan dunia otomotif yang menuntut kinerja injeksi membuat pihak BRT membuat perubahan dengan menghadirkan ECU ( electronic control unit ) baru untuk yamaha vixion.

fitur fitur ECU BRT

1. progamable

dengan remote jadi mudah setting ECU nya

2. diagnostic

dapat memantau sensor dan hasil afr gas buang

3. easymap

mempermudah user pemula dalam setting injeksi

4. fast setting

setiing cepat pembuatan mapping pengapian maupun injeksi bahan bakar

5. AFR dengan o2 sensor

terdapat sensor 02 yang harus dipasang agar sistem injeksi menjadi closed loop sehingga lebih canggih smart dan presisi

6. dual core cpu

CPU 1 atur timing pengapian

cpu 2 atur injeksi bahan bakar

mantabh, notebook pertamax7 juga dual core lho, 4 thread tapi :D

hasilnya di test dyno?

dyno ecu std vs brt

terlihat data dyno ( tahu kan syeremnya DYNOJET punya BRT ),

yamaha old vixion tembus 12,44 HP dengan torsi maksimal 8,53 Nm ( on the wheel )

sedanngkan setelah dipasang ECU aftermarket tenaga yamaha old vixion ini melejit menjadi 13,62 HP dan torsi menjadi 8,96 Nm ( on the wheel )

tetlihat peningkatan yang significant terkait pemasangan ECu aftermarket yamaha new vixion ini, . tenaga naik 1,18 HP dan torsi naik 0,34 Nm,

kalau tambah knalpot lebih lega, pggiback maupun injektor lebih lancar disinyalir tenaga makin meledak-ledak dan tetap injeksi.

5. Rocker Arm.

roller-rocker-arm-11 adjustable-cam-jupiter

Rocker arm atau lengan penumbuk katup juga berfungsi untuk meneruskan gerakan dari batang penekan (push rod) atau dari poros pam sehingga katup bisa membuka dan menutup.Rocker arm yang baik adalah yang ringan tapi kuat. Jika pemotongan rocker arm berlebihan akan mengakibatkan rocker arm menjadi mudah patah.

6. Roda Gigi.

gearModif motor dilakukan dengan tujuan agar kecepatan sepeda motor bertambah pada tenaga mesin yang sama, roda gigi belakang harus diganti dengan ukuran diameter yang lebih kecil, jika roda gigi diganti dengan yang lebih kecil tentu saja panjang ranta roda harus dikurangi dan disetel.

This entry was posted in TEKNIK KENDARAAN RINGAN and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s